RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SMK N 1
Curup Timur
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester : X/II
Program
Keahlian : Tata Boga
Alokasi
Waktu :
2x45 Menit
Topik
Pembelajaran : Giving Invitations
Skill :
Speaking And Writing
A.
Standar Kompetensi
Berkomunikasi
dengan bahasa Inggris setara level Elementary.
B.
Kompetensi Dasar
1.5 Menjelaskan secara sederhana kejadian yang
sedang terjadi.
C.
Indikator
·
Memahami
pengertian prepositions dengan tepat.
·
Memberi
contoh-contoh kalimat yang mengandung preposition dengan tepat.
·
Menjelaskan
bentuk bentuk preposition berdasarkan
fungsinya secara tepat.
·
Menggunakan
prepositions dalam percakapan secara
tepat.
·
Membuat
kalimat yang mengandung prepositions dengan
tepat.
D.
Nilai Budaya dan Karakter Bangsa
·
Religius.
·
Jujur.
·
Disiplin.
·
Kerja
Keras.
·
Kerja
sama.
·
Mandiri.
E.
Tujuan Pembelajaran
·
Mendefinisikan
prepositions dengan tepat.
·
Mencontohkan
kalimat-kalimat yang mengandung preposition
secara tepat.
·
Membedakan
bentuk-bentuk prepositions berdasarkan fungsinya dengan tepat.
·
Menggunakan
prepositions dalam percakapan secara
tepat.
·
Menuliskan
kalimat yang mengandung prepositions dengan
tepat.
F.
Materi Pokok
Preposition
·
Pengertian Preposition
Preposition
atau kata depan adalah kata yang menunjukkan hubungan kata benda/kata ganti
benda dengan kata yang lain di dalam sebuah kalimat. Biasanya, kata depan
(preposition) diletakkan sebelum kata benda.
Contoh
contoh preposition yang sering digunakan:
1. At digunakan untuk menunjukkan waktu
dan tempat.
Contoh: at Niagara Falls, at
midnight, at lunch, at Jln. Sokano 11.
2. In digunakan untuk menunjukkan waktu
lokasi suatu tempat.
Contoh: in October, in 2005, in the Middle Ages, in
the United States, in Canada, in the park.
3.
On
digunakan untuk
menunjukkan tanggal dan lokasi suatu objek atau benda.
Contoh: on
Niagara River, on June 18, on Monday, on the wall.
·
Jenis-jenis preposition
Berdasarkan fungsinya, ada beberapa
macam preposition.
Berikut diantaranya:
1.
Preposition
of time\Preposition of time digunakan untuk memberi petunjuk waktu.
Prepositions of time terdiri dari: After, At, By, During, For, From, Till, To,
untill, dll.
Contoh:
There is a
meeting at 5 p.m.
2.
Preposition
of place and position
Preposition of place and position adalah preposition yang digunakan
untuk menunjukkan tempat atau posisi. Tempat atau posisi itu ditampilkan dalam
gabungan preposition dengan kata benda yang mengikutinya (object
of preposition) membentuk prepositional phrase. Preposition
of place and position digunakan untuk menunjukkan posisi object
of preposition terhadap kata benda lain yaitu subject atau object
of sentence. Berikut preposition
of place and position yang sering digunakan: above, on, in, at, behind,
between, beneath, among, in front of, beside, below, under, inside, dll.
Contoh: There is an apple on the table, there are two
cars in front of the store.
There
is an apple on the table
|
There
is an apple under the table
|
3.
Preposition
of movement
Preposition of movement digunakan untuk memberi
petunjuk arah pergerakan. Contoh preposition of movement: up, down,
around, into, onto, over, dll.
Contoh kalimat yang menggunakan preposition of
movement: There is a man walking down the hill.
G.
Metode Pembelajaran
·
Role
play.
·
Contextual
Teaching Learning.
H.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal (10’)
Apersepsi
·
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang
ditanamkan: santun, peduli)
·
Mengecek
kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
Motivasi
·
Memberikan
stimulus kepada siswa berupa pertanyaan yang berkaitan dengan penggunaan materi
yang akan diajarkan.
·
Guru
memberikan stimulus kepada siswa agar siswa aktif dalam proses pembelajaran.
·
Menghubungkan
materi yang akan dipelajari dengan kejadian-kejadian yang relevan dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
2. Kegiatan
Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi guru:
·
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi yang berhubungan dengan prepositions.
·
Memberikan
beberapa contoh kalimat mengandung prepositions.
̶ There is a bag on the table.
̶ There are three tables on the floor.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
·
Siswa
dibagi dalam beberapa kelompok kecil.
·
Siswa
bersama anggota mendiskusikan materi bersama dalam kelompok.
·
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan materi
prepositions.
·
Guru
memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas kelompok berkenaan dengan materi
prepositions.
·
Guru
memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan siswa.
·
Guru
memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas individu berkenaan dengan materi
prepositions.
·
Kuis
·
Guru
memberi kesempatan siswa untuk bertanya berkenaan dengan materi prepositions
yang sedang dibahas.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
·
Memberikan
refleksi terhadap hasil kerja siswa.
·
Mengecek
hasil pekerjaan siswa.
·
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan siswa dan memberikan
penguatan.
3. Kegiatan
Akhir
·
Guru
memberikan kesempatan siswa untuk bertanya tentang materi yang sudah
dipelajari.
·
Guru
bersama siswa meyimpulkan hasil pembelajaran.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah kepada siswa yang berkaitan dengan materi yang sudah
dipelajari.
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajarn pada pertemuan berikutnya.
I.
Sumber dan Media
·
Buku
Get Along With English.
·
Internet.
·
Gambar.
J.
Penilaian
·
Teknik
:
Tugas individu, Tugas
Kelompok, Kuis.
·
Bentuk
Instrumen : Tertulis,
Lisan.
K.
Instrumen Penilaian
·
Tugas Kelompok
1.
There
is a party....................Sundays.
2.
Dina
is calling me................5 o’clock.
3.
There
is a meeting...................night
4.
Sarah
walked...........................the street.
5.
The
farmer drove..................the hill
Kunci
jawaban:
1.
On
2. At
3. At
4. Across
5. Up
·
Kuis
Kunci
Jawaban:
1. There is a sofa beside standing
lamp.
2. There is a standing lamp beside
sofa.
3. There is a book on the desk.
4. There is a desk on the floor.
5. Mr. Ali is walking inside the
house/Mr. Ali is standing in front of the standing lamp.
·
Tugas
Individu
Tuliskan
enam kalimat yang mengandung prepostion of time, place/location, dan movement
masing-masing dua kalimat.
Kunci Jawaban:
1.
There
is a car infront of the house.
2. There is an apple tree among orange
trees.
3. There is a party at 8 p.m.
4. There are a hundred people at
Bandara Sukarno Hatta.
5. There is a kid running around the
tree.
6. There is a man walking down the
hill.
L.
Pedoman Penilaian.
·
Lisan
No.
|
Aspect
of Scoring
|
Maximal
Score
|
1.
|
Content
|
20
|
2.
|
Fluency
|
20
|
3.
|
Pronunciation
|
20
|
4.
|
grammar
|
20
|
5.
|
vocabulary
|
20
|
|
Total score
|
100
|
·
Tulisan
No.
|
Uraian
|
Score
|
1.
|
Penulisan benar, tata bahasa
benar.
|
81-100
|
2.
|
Penulisan benar, tata bahasa
kurang tepat.
|
70-80
|
3.
|
Isi dan bahasa kurang tepat.
|
0-60
|
Mengetahui
Ka. SMK N 1 Curup Timur
Drs. Hartono
NIP. 19640217 199512 1 001
|
|
Curup, Januari 2016
Guru Mata Pelajaran
Efni Dianti S.Pd
NIP. 19780915 200502 2 004
|
minta file wordnya dong gan
ReplyDelete